Satu Dekade PBJ di Indonesia

Submitted by webmaster on Saturday, 25 December 2021 - 12:53
Laporan ini menyajikan data tren/pola pengadaan pemerintah yang dikaitkan dengan aspek-aspek kompetisi, efisiensi, partisipasi, dan integritas, serta melihat kemanfaatan dari data pengadaan yang telah dibuka dan digunakan dalam platform Opentender.net.

Di Balik Layar Liputan Investigasi

Submitted by admin on Saturday, 24 October 2020 - 15:29
Seorang jurnalis bukan saja dituntut untuk terampil mewawancarai dan menulis, tapi juga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menghubungi narasumber. Bhekti merupakan anggota tim investigasi kolaboratif yang melibatkan organisasi masyarakat sipil dan jurnalis. Meskipun menjadi perempuan satu-satunya di dalam proyek investigasi ini, Bhekti merasa statusnya itu bukan hambatan. Apalagi, dalam liputan sehari-hari dia juga sudah terbiasa bekerja bersama rekan-rekan lelaki. Di Bojonegoro, Ririn Wedia juga menjadi satu-satunya jurnalis perempuan yang bertahan hingga akhir proses investigasi. Kala itu Ririn bersama sejumlah jurnalis dan organisasi masyarakat sipil menginvestigasi pembangunan Dander Water Park di Bojonegoro sejak 19 Juni 2019.

Kisah Kolaborasi Jurnalis dan Masyarakat Sipil di Yogyakarta

Submitted by admin on Saturday, 24 October 2020 - 15:16
Bagaimana kolaborasi antara jurnalis dan masyarakat sipil di Yogyakarta dalam mengungkap indikasi penyelewengan pembangunan gedung relokasi PKL? Kolaborasi jurnalis dan masyarakat sipil ini menemukan bahwa pengadaan gedung relokasi itu menggunakan metode lelang cepat yang umumnya dipakai untuk proyek-proyek sederhana. Di sisi lain, tim kolaborasi juga menemukan dua dari tiga paket pembangunan dikuasai oleh orang yang sama sehingga ada dugaan monopoli.

Membuka Bobrok Proyek Taman Wisata

Submitted by admin on Wednesday, 19 August 2020 - 13:02
Pembangunan Dander Water Park di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada 2015 dan 2016 lalu menyedot perhatian publik. Menelan anggaran sebesar Rp 6,5 miliar pada 2015 dan Rp 4,6 miliar pada 2016, pembangunan obyek wisata ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten di utara Jawa Timur tersebut. Persoalannya, hasil analisis situs opentender.net yang dikembangkan ICW menunjukkan adanya potensi penyimpangan anggaran dalam proyek ini.

Potensi Korupsi Alat Kesehatan di Kondisi Pandemi

Submitted by admin on Thursday, 13 August 2020 - 12:44
Indonesia merupakan negara yang menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara terkait jumlah kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Per tanggal 22 Juli 2020, kasus Covid-19 yang muncul di Indonesia sebanyak 91.751 kasus. Sedangkan pada tingkat dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-24 dari 215 negara yang paling banyak jumlah kasus akibat Covid-19.
Subscribe to PBJ