Menelisik Korupsi dengan Kolaborasi

Submitted by admin on Wednesday, 19 August 2020 - 13:42
Pelatihan antikorupsi oleh ICW dan LKPP pada 19 Juni 2019 di Aston Bojonegoro City Hotel mempertemukan berbagai jurnalis di Kabupaten Bojonegoro. Lewat forum ini, para jurnalis ini mendiskusikan proyek-proyek pemerintah yang ditengarai rawan dikorupsi. Dalam pelatihan ini pula, wartawan berkenalan dengan situs opentender.net yang dikembangkan oleh ICW. Situs ini memberikan jalan bagi wartawan untuk mengecek tingkat risiko penyimpangan sebuah proyek.

Membuka Bobrok Proyek Taman Wisata

Submitted by admin on Wednesday, 19 August 2020 - 13:02
Pembangunan Dander Water Park di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada 2015 dan 2016 lalu menyedot perhatian publik. Menelan anggaran sebesar Rp 6,5 miliar pada 2015 dan Rp 4,6 miliar pada 2016, pembangunan obyek wisata ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten di utara Jawa Timur tersebut. Persoalannya, hasil analisis situs opentender.net yang dikembangkan ICW menunjukkan adanya potensi penyimpangan anggaran dalam proyek ini.

Bertahan dalam Tekanan Demi Kebenaran

Submitted by admin on Wednesday, 19 August 2020 - 12:13
Ririn Wedia tak pernah menyangka hidupnya bakalan seperti roller coaster selama tiga bulan sebelum November 2019. Wartawan Suara Banyu Urip ini selama satu triwula itu ditinggalkan sejumlah koleganya ketika menginvestigasi pembangunan proyek Dander Park. Tak cuma drama pengkhianatan, hidupnya juga penuh dengan ancaman dari pihak yang terganggu dengan pemberitaannya. Karena itu, dia pun tak kuasa menahan haru ketika kerja kerasnya selama tiga bulan terbit pada 8 November 2019. ā€œSepuluh tahun menjadi wartawan, saya tidak pernah menulis seperti ini,ā€ kata Ririn Wedia sambil berkaca-kaca.
Subscribe to Bojonegoro