Calon Bupati Kabupaten Konawe Selatan - Rusmin Abdul Gani, S,E

https://infopemilu2.kpu.go.id/pilkada2020/pendaftaran/detail/0736500102
  • Profil Singkat

Rusmin Abdul Gani, S.E. adalah taipan Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki beberapa perusahaan. Rusmin juga menduduki posisi strategis dan menjadi pimpinan  beberapa perusahaan di Konawe Selatan.

Karier politiknya disemai sejak bergabung sebagai kader Golkar. Ia pernah didapuk sebagai Bendahara DPD I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelumnya, pada 2015 Rusmin Abdul Gani pernah ikut bertarung dalam Pilkada Kabupaten Konawe Selatan melalui jalur Independen.

  • Kepemilikan/Afiliasi Bisnis

Sebelum mencalonkan diri sebagai  Bupati Konawe Selatan, Rusmin Abdul Gani pernah menjabat sebagai General Manager/ Deputy Site Manager PT Virtu Dragon Nickel Industrial (VDNI) Kabupaten Konawe Selatan. Setelah enam bulan bekerja di Perusahaan VDNI sejak Maret 2019 hingga Agustus 2019, Rusmin mengundurkan diri. Sebagai informasi, PT VDNI adalah perusahaan dengan lusinan masalah yang sudah jamak diketahui publik. Misalnya:

1. Amdal PT VDNI di Konawe Selatan dinyatakan bermasalah. Hal tersebut didukung juga oleh pernyataan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas.  ( Sumber: https://telisik.id/news/lukman-abunawas-ungkap-amdal-pt-vdni-belum-tuntas)

2. Permasalahan hubungan Industrial antara PT VDNI dan pekerja mengenai upah, kesenjangan, dan penerapan PKWT yang bertentangan dengan UU Ketenagakerjaan ( Sumber :   https://mediakendari.com/ini-10-permasalahan-pekerja-di-pt-vdni-morosi/21533/)

3. Pada Mei 2020,  di tengah pandemi Covid-19, PT VDNI mendatangkan serta menampung 500 TKA China di Konawe Selatan.

Sumber : https://money.kompas.com/read/2020/05/02/104538226/rekam-jejak-virtue-dragon-perusahaan-penampung-500-tka-china?page=all

Bukan hanya PT VDNI saja, Rusmin juga pernah menjabat di posisi yang sama di  PT Obsidian Stainless Steel (OSS). Perlu diketahui, PT OSS merupakan salah satu dari enam perusahaan yang beroperasi di bawah payung usaha mega industri pengolahan nikel PT Virtue Dragonn Nickel Industrial (PT VDNI). Perusahaan yang bergerak di bidang tambang ini tahun lalu diduga melanggar ketentuan Pasal 158 UU No.4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba. Pada juni 2019, kala Rusmin masih menjabat sebagai Deputy Manager, puluhan alat berat PT OSS Konawe Selatan disegel oleh Bareskim Mabes Polri dan Ditreskrimsus Polda Sultra.

  • LHKPN

Catatan atas Kepatuhan: Dari laman KPK terkait LHKPN, Rusmin Abdul Gani melaporkan harta kekayaan hanya satu kali pada 18 Agustus 2020 sebesar Rp14.215.151.410.

  • Catatan Lain yang Relevan

Rusmin Abdul Gani yang merupakan salah satu kader Golkar sekaligus Wakil Bendahara DPD I Partai Golkar Provinsi Sultra terancam dipecat dari Partai Golkar. Sebagai informasi, Rusmin Abdul Gani maju menjadi calon Bupati Konawe Selatan diusung oleh PDIP, Hanura, dan PPP. Sementara, Golkar mengusung pertahana H Surunuddin.

Jabatan

Sahabat ICW_Pendidikan