Calon Walikota Surakarta - Gibran Rakabuming Raka

Rekam Jejak

 

  • Profil Singkat Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka merupakan anak sulung dari presiden Joko Widodo. Sebelum terjun ke politik, Gibran lebih dikenal sebagai pengusaha kuliner. Bisnis kulinernya mulai dari katering hingga jualan martabak. 

Gibran baru berminat terjun ke politik menjelang Pilkada 2020. Ia memutuskan untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo. Langkah Gibran masuk ke politik ini pun terbilang mulus, ia dengan mudah mendapatkan rekomendasi untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan. Gibran bahkan menyingkirkan kader lama PDI Perjuangan Achmad Purnomo yang sudah menjabat sebagai wakil Wali Kota Solo selama dua periode.

Pada pertarungan pilkada 2020 Solo, Gibran diusung oleh beberapa partai politik antara lain: PDIP, Golkar, Gerindra, PAN, PKB dan PSI.

 

  • Kepemilikan/Afiliasi Bisnis 

Kepemilikan Bisnis

  • Chili Pari 

Katering Chilli Pari adalah lini usaha Gibran di Solo yang didirikan sejak tahun 2010. Dalam perkembangannya Chili Pari tidak hanya menjadi penyedia katering tapi juga melebarkan pasar ke Wedding Organizer. Mereka menyediakan paket pesta pernikahan mulai dari kebutuhan foto pasangan pengantin, katering, gedung, hiburan hingga dekorasi. 

  • Markobar

Markobar alias Martabak Kotta Baru merupakan usaha bidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 1996. Gibran mengembangkan bisnis martabak ini dengan memberikan sentuhan modern. Sampai saat ini sudah ada 33 outlet Markobar yang tersebar di Indonesia. Dalam sehari bisa hasilkan Rp 66-165 juta. Jika dikalkulasi sebulan bisnis ini bisa hasilkan Rp 1,98 miliar hingga Rp 4,95 miliar.

  • Pasta Buntel

Pasta Buntel, merupakan resto makanan Italia yang didirikan oleh Gibran bersama tiga orang temannya pada Oktober 2015. 

  • Goola

Pada 17 Agustus 2018, Gibran Rakabuming bersama Kevin Susanto meluncurkan startup minuman Goola. Goola merupakan merek dagang dari minuman es yang salah satu produknya adalah es Doger. Goola mendapatkan pendanaan dari pemodal ventura, Alpha JWC Ventures sebesar US$ 5 juta atau sekitar Rp 70 miliar. Goola menargetkan pembukaan 100 outlet pada akhir 2020.

  • Mangkokku

Restoran rice bowl dengan nama Mangkokku ini didirikan oleh Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, dan Chef Arnold Poernomo. Bisnis dimulai dengan 2 gerai pertama pada akhir 2019 dan ditargetkan menambah 25-30 gerai di luar Jakarta.

  • Kerjaholic

Merupakan sebuah aplikasi yang menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

  • Kemripik

Salah satu usaha bidang makanan ringan, Gibran mendirikan usaha ini bersama sang adik Kaesang pada 2019. Produk makanan ringan ini tersebar di berbagai minimarket di Indonesia dengan kemasan bergambar wajah kedua putra presiden tersebut.

  • Ngedrink

Ngedrik merupakan produk minuman kemasan yang juga dipasarkan lewat minimarket berjejaring di Indonesia. Produk ini dirilis bersamaan dengan Kemripik.

  • Madhang

Madhang merupakan aplikasi marketplace untuk kuliner di Semarang yang dibuat oleh Gibran dan adiknya, Kaesang pada tahun 2018. Aplikasi ini berfokus untuk memberdayakan ibu rumah tangga atau usaha kuliner rumahan yang ingin berbisnis kuliner. Madhang telah menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan untuk layanan pengantaran dan pembayaran elektronik seperti Grab.

  • Icolor 

Usaha Gibran yang berfokus pada reparasi produk elektronik keluaran Apple. Gibran bergabung dengan usaha reparasi ini terhitung sejak 2016.

  • Pertambangan

Selain bisnis kuliner Gibran juga memiliki usaha pertambangan di bawah PT Rakabu Sejahtera. Gibran pernah tercatat sebagai pemegang saham dan komisaris perusahaan tersebut. Namun saat ini, posisi Gibran digantikan oleh adiknya, Kaesang Pengarep. 

 

  • Kerabat/Keluarga

Gibran adalah anak sulung dari presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo. Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada tahun 2015 dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra.

Pada tahun yang sama, adik ipar Gibran, Boby Nasution (suami Kahiyang Ayu, adik Gibran) juga terjun ke politik. Ia mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Medan berpasangan dengan Aulia Rachman yang merupakan anggota DPRD Medan dan juga kader Gerindra.

 

  • Sikap/Pernyataan/Masalah Kebijakan/Keterlibatan pada Suatu Kasus

Gibran Rakabuming Raka dikenal hanya sebagai pebisnis. Hingga dua tahun lalu, Gibran menyatakan tidak mau masuk ke politik. Kini pernyataannya bertolak belakang. Gibran secara mengejutkan memutuskan ikut dalam kontestasi Pilkada Kota Solo 2020. 

Majunya Gibran sebagai calon walikota juga tidak lepas dari pro kontra. Pada awalnya kader lama PDIP yang sudah cukup lama berkuasa di Solo harus digantikan oleh Gibran yang belum genap setahun mendaftar jadi anggota partai berlambang kepala banteng tersebut.

Majunya Gibran dalam Pilkada Solo ini menunjukkan adanya dinasti politik yang dibangun oleh Presiden Joko Widodo. Dinasti politik ini menjadi sorotan publik.

 

  • LHKPN

Dalam dokumen LHKPN KPK 2020 Gibran Rakabuming Raka tercatat memiliki harta sebesar Rp21,15 miliar. Harta itu di antaranya dalam bentuk tanah dan bangunan yang tersebar Solo dan Sragen senilai Rp13,4 Miliar. 

Selain itu juga ada sarana transportasi senilai Rp682 juta, harta bergerak lainnya Rp260 juta. Dari segi surat berharga dan harta lain-lain Gibran memiliki Rp7,7 miliar meliputi surat berharga, kas dan setara kas. Selain itu Gibran juga memiliki hutang senilai 895 juta rupiah. 

Jabatan

Sahabat ICW_Pendidikan