Sekolah AntiKorupsi Tangerang Kembali Digelar

Antikorupsi.org, Tangerang Selatan, 16 Agustus 2016 – Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) kembali menggelar Sekolah Antikorupsi (SAKTI) Tangerang Selatan. Pembukaan SAKTI digelar di Aula Rektorat Universitas Pamulang (Unpam), Selasa, 16 Agustus 2016.

Tidak kurang seratus mahasiswa yang sebagian sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpam hadir dalam pembukaan tersebut, termasuk 25 peserta yang akan mengikuti SAKTI selama kurang lebih 7 minggu. Pembukaaan dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Ridwan Affan, Direktur Pusat Belajar Antikorupsi (PBAK) Dompet Dhuafa, Bhima Yudisthira, Peneliti INDEF, dan Adnan Topan Husodo, Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW).

Acara rutin tahunan yang digelar oleh organisasi antikorupsi di Tangerang Selatan tersebut kini telah digelar ketiga kalinya. SAKTI 3 menyasar mahasiswa wilayah Tangerang dan sekitarnya sebagai peserta utama. Aan Dirga, Ketua Pelaksana SAKTI 3 Tangerang Selatan sekaligus aktivis TRUTH mengatakan, SAKTI digelar dalam rangka memberikan ruang bagi mahasiswa untuk belajar lebih jauh mengenai korupsi dan bagaimana strategi melawannya.

Lebih lanjut ia menuturkan, SAKTI merupakan wadah untuk menumbuhkan para pionir dan aktivis baru dalam gerakan antikorupsi. Dari alumni SAKTI periode sebelumnya, sebagian dari mereka kini telah menjadi bergabung dalam TRUTH. Selain itu, para alumni SAKTI kini menjadi tulang punggung dari penyelenggaraan SAKTI 3.

Antusiasme peserta SAKTI 3 juga sudah mulai tampak sejak dalam acara pembukaan. Salah satu peserta menjelaskan bahwa motivasi mengikuti SAKTI adalah untuk belajar mengenai korupsi dan ingin terlibat aktif dalam gerakan antikorupsi di Indonesia. Peserta lain juga berasal dari Semarang dan daerah Jawa Tengah lainnya. Mereka bertekad untuk hadir dalam setiap sesi meski mengharuskan pulang pergi Semarang - Tangerang Selatan.

(Adnan / Egi)

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan