Penghargaan BHACA Untuk Pelayan Publik

Jakarta, antikorupsi.org (6/11/2015) – Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) tahun 2015 ini memberikan penghargaan kepada mantan Walikota Surabaya, Jawa Timur Tri Rismaharini dan Bupati Batang, Jawa Tengah Yoyok Riyo Sudibyo sebagai individu yang berintegritas tinggi dan dinilai berhasil melakukan inovasi dalam sektor pelayanan publik dan birokrasi pemerintah.

Penghargaan ini diberikan oleh dua putri Bung Hatta yaitu Halida Hatta  dan Meutia Hatta di Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Ketua Dewan Juri BHACA 2015, Endy M Bayuni mengatakan pemberian penganugerahan ini telah diselenggarakan sebanyak enam kali kepada 15 pribadi yang memenuhi kriteria dan melewati seleksi ketat. Menurutnya, pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan semangat baru dalam usaha melawan korupsi. Di tengah meningkatnya skeptisme masyarakat terhadap komitmen negara.

“Diantara maraknya berita buruk akibat ulah para koruptor di media massa. Saat ini diperlukan kisah sosok inspiratif yang berintegritas dan berkarya dengan tulis untuk kepentingan publik,” tegas Endy.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Harian  BHACA, Natalia Soebagjo mengatakan para tokoh penerima penghargaan merupakan inspirasi bagi bangsa Indonesia di tengah keterpurukan akibat korupsi.  untuk itu dibutuhkan komitmen bersama-sama dalam bergotong royong melawan korupsi.

“Mereka yang melaksanakan nilai kejujuran ini wajib kita hargai. Dengan begitu mereka tidak merasa sendirian melawan korupsi,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Rismaharini mengatakan pembangunan sistem menjadi kunci dalam mendorong transparasi dan membangun kultur antikorupsi di Pemerintahan Kota Surabaya. “Tidak mudah untuk mengarahkan ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Surabaya jika tidak ada sistem yang baik,” ujar Risma.

Senada dengan Risma, Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan, ketika dirinya baru menjabat sebagai Bupati Batang periode 2012-2017, dirinya tidak merasa malu belajar yang disebut menjadi pelopor penerapan sistem transparasi lewat e-procurement dan berhasil diterapkan. (Ayu-Abid)

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan