Katakan Secara Tegas Bahwa Kita Mendukung KPK

Foto: Dok.ICW
Tsamara Amany, Politisi Partai Solidaritas Indonesia
Foto: Dok.ICW Tsamara Amany, Politisi Partai Solidaritas Indonesia

Tsamara Amany adalah salah satu anak muda yang fenomenal dan menjadi ikon politik milenial di tahun 2017. Meski masih belia, perempuan kelahiran 1996 ini membuat keputusan berani dengan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pemilu 2019. Keputusannya terjun ke dunia politik tidak bisa dilepaskan dari keinginannya untuk memberantas korupsi dan mendorong keterlibatan perempuan di dunia politik. Ketua DPP PSI bidang eksternal ini juga merupakan deklarator Gerakan Solidaritas Kaum Muda Melawan Korupsi (SIKAP) yang mengajak anak muda berjuang memerangi korupsi.

Ditemui oleh Anggota Badan Pekerja ICW, Tibiko Zabar saat berlangsungnya di KPK, pada 17 Juli 2017 lalu, Tsamara begitu bersemangat ketika diwawancara mengenai dukungan terhadap KPK dan menunjukkan kemarahannya terhadap Pansus Hak Angket KPK yang dibentuk oleh sejumlah fraksi di DPR RI.

Menurut Tsamara korupsi itu apa sih?

Korupsi itu mengambil sesuatu yang bukan haknya

Melihat fenomena sekarang ada upaya pelemahan KPK melalui Hak Angket yang usung DPR apa pendapat kamu soal ini? 

Itu adalah upaya politik untuk menghambat proses hukum yang sedang berjalan tentang kasus korupsi proyek e-KTP yang saat ini sedang berjalan dan melibatkan banyak sekali anggota DPR, jika memang tidak ada apa-apa maka biarkan KPK menjalankan proses hukum itu terus. Mengapa tiba-tiba harus membentuk pansus hak angket ketika proses hukum korupsi e-KTP sedang berjalan?

Apa yang bisa dilakukan masyarakat untuk mendukung KPK atau menolak Hak Angket?

Berhubungan dengan KPK seperti datang ke KPK melalui aksi dan lain sebagainya, serta mendukung melalui di media sosial dengan katakan secara tegas bahwa kita mendukung KPK. Jangan luput dalam pengawasan terhadap kerja Panitia Hak Angket, karena sekali kita luput hal itu akan menjadi bagi pelemahan KPK

Sebagai anak muda apa pesan untuk anak muda Indonesia agar antikorupsi?

Selalu jadi orang yang awas dan mawas terhadap pemerintahan, Selalu mengawasi Pemerintah , DPR, dan semuanya untuk selalu diawasi. Karena dengan cara itulah kita bisa memastikan bahwa pemerintah tidak akan berani bertindak aneh-aneh. Kenapa? Karena diawasi oleh anak-anak muda. Tetapi kalau kita tidak perhatikan dan mereka merasa kita ini abai terhadap mereka maka pemerintah dapat bertindak sewenang-wenang. Untuk pemerintahan yang ideal tentu saja dituntut untuk transparan dalam menjalankan pemerintahanan

Pewancara: Tibiko Zabar

Penulis: Emerson Yuntho

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan

 

Tags