ICW Kembali Menempati Peringkat Dunia dalam “Global Think Tank Index 2019”

Indonesia Corruption Watch (ICW) menempati peringkat 26 “Global Go To Think Tank Index” 2019 berdasarkan laporan yang dilansir The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, USA. Dalam laporan tersebut, ICW kembali masuk kategori “Top Transparancy and Good Governance Think Tanks”. Dibandingkan tahun 2018, posisi ICW naik satu peringkat (sebelumnya 27) menjadi 26 dari 67 organisasi global. Tidak hanya itu, untuk kategori “Think Tank to Watch” ICW juga menempati peringkat 65 dari 112 lembaga yang ada di berbagai negara.
 
Indeks “Global Go To Think Tank” 2019 merupakan laporan hasil survei global yang dilakukan oleh “Think Tanks and Civil Societies Program” (TTCSP), dari The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut terdapat empat kategori dalam menyusun indeks, yakni kategori “Top Think Tanks in The World” skala global, “Top Think Tanks by Region” berdasarkan wilayah, “Top Think Tanks by Area of Research” berdasarkan area riset, dan “Top Think Tanks by Special Achievement” berdasarkan capaian khusus.
 
Dari keempat kategori tersebut, masing-masing terdapat bagian turunan atau sub-kategori. Untuk “Top Transparency and Good Governance Think Tanks” yang ICW dapatkan merupakan bagian dari kategori “Top Think Tanks” berdasarkan area riset. Program penelitian yang dilakukan The Lauder Institute ini berkaitan dengan lembaga yang memiliki fokus pada kebijakan publik. Lembaga yang terlibat dalam penelitian, bisa lembaga pemerintah atau masyarakat sipil dalam hal ini Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Hasil riset 2019 ini juga merupakan edisi ke 14 yang dikeluarkan The Lauder Institute.
 
Dalam penelitian ini melibatkan 3.974 responden yang terdiri dari universitas, jurnalis, pembuat kebijakan, akademisi, peneliti independen, lembaga donor dari berbagai belahan dunia. Sejumlah hal yang diukur dalam penyusunan “Global Top To Think Tanks Index” diantaranya mengenai kualitas dan komitmen dari para informan (pimpinan, staf), hasil riset, hingga kebijakan. Penelitian ini dilakukan sejak Maret 2019 hingga 10 Januari 2020.
 
Laporan penelitian The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, “Global Go To Think Tank” dirilis pada 27 Januari 2020. Laporan tersebut menempatkan kembali ICW dalam dua kategori sekaligus, yakni “Top Transparency and Good Governance Think Tank” pada peringkat 26 dan “Think Tank To Watch” yang merupakan sub-kategori “Think Tank” berdasarkan capaian khusus pada peringkat 65.
 
Hal tersebut tentu kami apresiasi, sekaliagus menjadi tantangan bagi ICW untuk terus meningkatkan kontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi. Selain itu harapannya ini juga bisa menjadi motivasi bagi organisasi masyarakat sipil lain. Tidak lupa ICW juga berterimakasih pada masyarakat khususnya Supporter ICW dan serta sejumlah pihak atas keprcayaannya selama ini.
 
Laporan selengkapnya silahkan unduh di URL https://repository.upenn.edu/think_tanks/17/ (*)
 

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan