Dibuka, Lomba Monithon Pengadaan Infrastruktur Pendidikan

Monitoring Marathon Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan Opentender.net
Poster Monithon 2022

Apakah di sekitar kamu terdapat bangunan sekolah yang baru dibangun? atau bangunan kampus yang tidak selesai pembangunannya? Apakah sarana dan prasarana di sekolah dan kampus sudah sesuai standar? Untuk mencari tahu, mari kita pantau pengadaan barang/jasa di sektor pendidikan! 

Indonesia Corruption Watch bekerja sama dengan Transparency International Indonesia, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Inspektorat Jendral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan didukung oleh Open Contracting Partnership menyelenggarakan perlombaan dengan konsep Monitoring Marathon.

Monitoring Marathon adalah kegiatan pemantauan yang dilakukan oleh publik dalam kurun waktu 24 jam. Setelah melalui proses seleksi peserta dan pembekalan awal, publik akan dilibatkan untuk melakukan pemantauan proses PBJP di sektor pendidikan menggunakan instrumen opentender.net. 

Untuk mencegah terjadinya korupsi PBJP di sektor pendidikan, kegiatan Monithon kali ini akan difokuskan untuk memantau pembangunan infrastruktur pendidikan, termasuk sekolah, kampus, dan sebagainya. Hasil pemantauan dan dugaan pelanggaran yang ditemukan oleh peserta juga akan dilaporkan lewat kanal pengaduan.lkpp.go.id.

Syaratnya, kamu harus membentuk tim beranggotakan 2 hingga 5 orang, dengan proporsi minimal 50% anggotanya adalah perempuan dan/atau minoritas gender lainnya. Selain mahasiswa, yang sudah bekerja juga boleh ikut, termasuk APIP, ASN, Pekerja Lepas, Karyawan Swasta, Kalangan Profesional, Jurnalis dan Masyarakat Sipil.

Berikut jadwal pelaksanaan Monithon kali ini:

  • Pengumuman dan Registrasi: 10 - 23 Februari 2022
  • Seleksi Administrasi dan Pendaftaran Ulang: 24 - 25 Februari 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 25 Februari 2022
  • Pembekalan Peserta: 26 Februari 2022 
  • Pelaksanaan Monithon: 27 Februari 2022
  • Presentasi Finalis: 1 Maret 2022
  • Pengumuman Pemenang: 1 Maret 2022 

Kegiatan ini diharap makin memperbanyak pemantau yang menggunakan Opentender.net sebagai instrumen untuk mengawasi pengadaan barang/jasa pemerintah dan memberikan alternatif kanal pelaporan bagi masyarakat apabila menemukan adanya potensi kecurangan dalam proses pengadaan barang/jasa.

Yuk, kita pantau data pengadaan agar potensi korupsi dapat berkurang dan kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh Pemerintah semakin meningkat. Segera daftarkan Tim kalian di link berikut: https://s.id/DaftarMonithon. Pendaftaran tidak dipungut biaya.

#PantauPengadaanPendidikan
#MonithonICW2022

https://s.id/DaftarMonithon

 

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan