Request for Interest - Development RekamJejak.Net

RekamJejak.net


Request for Interest / Quotation
Application deadline: 29 August 2021
Place of work: Indonesia

 

Platform Pemantauan Pejabat Publik RekamJejak.net

Indonesia Corruption Watch (ICW) adalah non-governmental organization yang berkomitmen untuk memberantas korupsi dengan mendorong partisipasi warga negara dalam memantau masalah korupsi. Dalam upaya itu, ICW telah mengembangkan portal-portal daring yang dapat menjadi instrumen bagi warga untuk ikut mengawasi masalah korupsi.

Salah satu fokus pemantauan ICW adalah kinerja dan rekam jejak pejabat publik. Guna memantau sekaligus mendorong partisipasi publik yang luas, ICW telah mengembangkan portal RekamJejak.net. Semenjak terakhir kali dikembangkan pada tahun 2019, RekamJejak.net telah menjadi salah satu portal yang dijadikan acuan oleh publik luas dalam melihat rekam jejak pejabat publik, terutama anggota DPR RI. Pada tahun 2021, ICW berencana mengembangkan portal RekamJejak untuk memperkaya informasi yang ada dalam situs tersebut.

 

Permasalahan

Setelah dikembangkan terakhir kali pada tahun 2019, ICW menilai perlu mengembangkan Rekamjejak.net agar tidak berfokus pada pemantauan pejabat publik dari anggota legislatif semata. Perlu ada pengembangan kepada pejabat publik lain seperti Menteri, Kepala Daerah, Calon Anggota Legislatif, Calon Kepala Daerah, dan lain-lain. Untuk itu ICW akan mengembangkan portal RekamJejak dari segi kandungan informasi. Selain itu diharapkan pengembangan akan memperbaiki tampilan web, performa web, mempermudah penggunaan baik untuk user ataupun admin, dan mendukung penggunaan fitur responsive agar dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile.

Pengembangan ini akan memperbaiki beberapa kekurangan dari versi sebelumnya, diantaranya:

  • Backend. Menggunakan backend yang mampu memproses database besar dan mudah untuk digunakan oleh administrator.
  • Network Analysis. Penambahan fitur network analysis atau peta aktor untuk menggambarkan relasi antar individu yang tercatat dalam RekamJejak.net
  • Maintenance. Pengembangan RekamJejak memerlukan komitmen developer untuk melakukan pemeliharaan sistem jangka panjang.
  • Visual. Memperkaya dan mempercantik tampilan visual grafis di dalam laman RekamJejak.net

 

Hasil Pekerjaan

Guna mengembangkan RekamJejak.net, ICW meminta proposal dari pihak-pihak pengembang yang berminat untuk mengembangkan portal tersebut. Hasil yang diharapkan dari pengembangan adalah:

- Versi 3 RekamJejak.net berpanduan pada Mockup yang terlampir dengan content management system (CMS) yang familiar untuk digunakan, prioritas Wordpress (mockup/CMS dapat berubah sesuai usulan dari developer)
- Progress reports
- Technical documents
- User guide
- Administrator guide
- Maintenance

 

Referensi

RekamJejak.net: https://rekamjejak.net
Mockup Pengembangan RekamJejak.net: https://www.figma.com/proto/YZUl3vzPhQowCXehhB1Eob/rekam-jejak-proto?page-id=871%3A582&node-id=871%3A3190&viewport=-1059%2C794%2C0.125&scaling=min-zoom&starting-point-node-id=871%3A3190&hide-ui=1

 

Durasi Pekerjaan

Pekerjaan dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan untuk menyelesaikan seluruh item pengembangan, serta 2 tahun untuk pemeliharaan teknis. Seluruh item pekerjaan pengembangan maupun pemeliharaan akan diatur dalam kontrak. Perjanjian pemeliharaan dapat diakhiri sesuai kesepakatan kedua pihak, atau diganti dengan dengan perjanjian baru untuk pekerjaan lanjutan atau pengembangan versi mayor berikutnya.

 

Kontak

Pengembang yang berminat dapat menghubungi email icw@antikorupsi.org sebelum tanggal 29 Agustus 2021 dengan judul email "RFI RekamJejak V3" dan dilengkapi Curriculum Vitae ketua tim pengembang, portfolio tim pengembang, serta concept note yang ditawarkan.

Calon-calon pengembang terpilih akan diundang oleh ICW pada awal September 2021 untuk menyampaikan presentasi atas konsep yang ditawarkan berikut proposal pengembangan yang lebih rinci.

___

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan