Tips Menulis Tugas dan Forum

Akademi Anti-Korupsi

Tips Menulis Pendek Buat Pemula

 

Dalam kuliah online Akademi Antkorupsi, Anda diajak untuk mengembangkan kemampuan literasi. Karena itu membaca teks dan menulis menjadi bagian penting dalam perkuliahan kita.

Menulis itu susah? Tidak, asal Anda mau saja.

Apalagi dalam tugas mingguan atau dalam tiap topik, Anda hanya diminta menulis 200 sampai 250 kata. Hanya sekitar tiga atau empat alinea pendek saja.

Bagaimana cara membuat tulisan pendek tapi berbobot?

Pertama, rumuskan dulu inti argumen Anda terhadap tema yang diajukan. Anda boleh berpendapat apa saja. Yang penting Anda sampaikan alasannya. Mengapa Anda berkesimpulan atau berpendapat seperti itu. Sampaikan bukti atau data, kalau ada.

Tulisan yang baik selalu ada pembuka dan penutup. Letakkan pernyataan yang paling penting di atas. Buat kalimat pertama yang kuat dan menarik.

Jangan buat kalimat-kalimat panjang. Mulailah belajar menulis dengan kalimat-kalimat pendek (sekitar 7-10 kata). Ingat tiap kalimat diawali dengan huruf besar dan diakhiri dengan titik. Ini kecil tapi sepele. Sebelum diposting bacalah dulu dengan bersuara. Apabila iramanya enak, mengalir, berarri tulisan Anda sudah bagus.

Jangan lupa beri judul tulisan Anda. Untuk judul, tiap kata diawali huruf besar.

Bila Anda membuat sudah menulis tugas-tugas mingguan dengan baik, Anda tidak akan kesulitan menulis tugas akhir yang agak panjang.

Oh ya. Dalam tulisan, Anda boleh mengutip pendapat atau tulisan orang lain. Yang penting sumber dicantumkan dengan jelas. Karena kalau tidak, Anda akan dituduh sebagai penjiplak.

Ayo ... Anda pasti bisa. Selamat mencoba. Selamat bergabung di Akademi Antikorupsi.

 

Kembali ke Akademi Anti-Korupsi