12 Kota di Indonesia Peringati Hari Antikorupsi Internasional

Antikorupsi.org, Jakarta, 8 Desember 2016 – Rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) akan digelar di berbagai kota di Indonesia. 12 kota akan turut merefleksikan hari antikorupsi dengan tema ‘Bangun Negeri Tanpa Korupsi’.

12 Kota tersebut yaitu Aceh, Medan, Padang, Pontianak, Samarinda, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Blitar, Bali, Tangerang Selatan, dan Makassar.

Kurnia Ramadhana, anggota Divisi Fundraising Indonesia Corruption Watch (ICW), sekaligus Ketua Acara HAKI ICW mengatakan, tema ‘Bangun Negeri Tanpa Korupsi’ diambil untuk merefleksikan jalannya pemerintahan Jokowi-JK.

Pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pemerintahan Jokowi-JK menurutnya rentan disusupi korupsi.

“Pembangunan yang dijalankan harusnya bisa berjalan bersih tanpa korupsi,” katanya, di Kalibata, Jakarta, Rabu, 7 Desember 2016.

Dengan digelarnya perayaan antikorupsi di 12 kota, penyebaran nilai-nilai antikorupsi diharapkan dapat tersebar secara luas.

“Publik diharapkan bisa memberikan perhatian terhadap isu korupsi, khususnya di tengah gencarnya pembangunan di era Jokowi-JK,” ujarnya.

Berbagai bentuk perayaan akan dilakukan di 12 kota tersebut. Perayaan tersebut berbentuk diskusi publik, orasi, aksi damai, dan pameran.

Adapun di Jakarta, ICW akan menggelar rangkaian HAKI yang dimulai sejak Kamis, 8 Desember 2016. Pada hari tersebut, diskusi bertajuk ‘Membangun Desa Tanpa Korupsi’ akan diadakan di Kantor ICW, pukul 12 siang.

Keesokan harinya, 9 Desember 2016, pagelaran seni dan musik yang menghadirkan grup musik kenamaan seperti Efek Rumah Kaca, White Shoes and the Couple Company, dan Simponi akan diadakan. Acara bertempat di Historia Café, Kota Tua, Jakarta, mulai pukul 15.00. Pagelaran diadakan bekerjasama dengan organisasi seni rupa kontemporer, ruangrupa.

Lalu 19 Desember 2016, diskusi dengan tema ‘Menyelamatkan Aset Negara Dari Korupsi’ akan diadakan di Perjalanan Kereta Api Jakarta – Cirebon mulai pukul 11.00.

Terakhir, 22 Desember 2016 mulai pukul 18.00, ICW akan mengadakan Malam Penganugerahan Karya Jurnalistik Antikorupsi.

(Egi)

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan