Corruption Investigation Fellowship Program (CIFP) 2016

Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat sipil dalam pengungkapan kasus korupsi, maka Indonesia Corruption Watch (ICW) menyelenggarakan Corruption Investigation Fellowship Program (CIFP). Untuk tahun 2016, investigasi kasus korupsi dikhususkan untuk sektor tata guna lahan dan hutan/ sumber daya alam.
 
KETENTUAN/ SYARAT
1. Peserta fellowship ini adalah individu yang berasal dari provinsi: Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.
2. Permasalahan yang akan diinvestigasi adalah korupsi di sektor tata guna lahan dan hutan/ atau sumber daya alam di provinsi seperti yang tercantum di point 1.
3. Peserta perempuan diprioritaskan
4. Wajib mengikuti training/ pelatihan investigasi yang diselenggarakan ICW di Jakarta pada awal bulan Agustus 2016.
5. Peserta yang lolos akan mendapatkan biaya investigasi, training, transportasi lokal dan penginapan selama proses investigasi.(besar biaya investigasi Rp 3 juta perbulan, sedangkan biaya akomodasi dan transportasi lokal actual cost)
 
 
TATA CARA MENGIKUTI
1. Membuat 2 (dua) buah essai masing-masing minimal 500 kata, dengan ketentuan: essai pertama berisi tentang ketertarikan ikut serta dalam program fellowship ini? Apa kontribusi dari keikutsertaan dalam program ini terhadap lembaga asal? Dan yang kedua berisi apa masalah/ kasus yang akan diinvestigasi?
2. Mengirimkan surat rekomendasi dari lembaga asal (ditandatangani oleh direktur/ ketua atau yang memiliki otoritas di lembaga asal).
3. Mengirimkan biodata diri
4. Peserta yang lolos dalam proses seleksi harus melakukan investigasi ke lapangan (selama 3 bulan), mengumpulkan data dan dokumen, menyusun laporan,  melakukan pelaporan ke aparat penegak hukum (kepolisian, kejaksaan, atau KPK), dan melakukan pengawalan proses di aparat penegak hukum
5. Peserta yang lolos juga harus membuat laporan kegiatan dan berkoordinasi dengan panitia di Jakarta
6. Semua syarat dikirimkan melalui email ke: sekolahinvestigasi@antikorupsi.org sesuai waktu yang ditentukan. Peserta wajib mencantumkan alamat email dan nomor ponsel yang valid dan mudah dihubungi.
 
TAHAPAN:
No Tahapan Waktu
1 Pendaftaran 14 Juli – 22 Juli 2016
2 Pengumuman 26 Juli 2016
3 Training Awal Agustus 2016
 
Keterangan lebih lanjut: Abid (082133026610, abid@antikorupsi.org)