ICW Masuk Peringkat Dunia "Think Tank"

Indonesia Corruption Watch (ICW) menempati posisi 20 dunia dari 63 lembaga think tanks untuk kategori Top Good Governance and Transparency Think Tanks.

The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, USA kembali merilis Global Think Thank Index 2016. Terdapat empat kategori top think tank yang digunakan untuk menyusun index, yakni top think tanks skala global, top think tanks berdasarkan region, top think tanks berdasarkan area riset, dan top think tanks berdasarkan capaian khusus. Top Transparency and Good Governance Think Tanks menjadi bagian atau sub-kategori top think tanks berdasarkan area riset.

Beberapa hal yang diukur untuk menyusun Global Top Think Tanks Index adalah kualitas dan komitmen dari pimpinan lembaga, kualitas dan reputasi para staff, kualitas dan reputasi atas hasil analisis dan penelitian yang dilakukan, kemampuan dalam melibatkan ahli dan akademisi bereputasi besar dalam berbagai kajian, dampak yang dihasilkan dari penelitian atau program yang dikerjakan bagi pengambil keputusan dan aktor pembuat kebijakan lainnya, kemampuan menyusun dan menghasilkan produk penelitian yang independen, kemampuan mengakses para tokoh kunci di pemerintahan, kemampuan meyakinkan pengambil keputusan dan tokoh kunci di pemerintahan untuk membangun kerjasama, semua output dan produk yang dihasilkan organisasi/lembaga, kegunaan dari produk yang dihasilkan untuk kepentingan advokasi, keterlibatan publik dan penelitian, reputasi di media massa, kemampuan manajemen dan organisasi yang baik, pengaruh atau dampak program yang dikerjakan kepada masyarakat luas, dan lain sebagainya.

The Lauder Insistitute melibatkan kurang lebih 2,543 informan kunci yang terdiri dari akademisi, jurnalis, pejabat publik, peneliti independen dan lembaga donor dari berbagai belahan dunia serta 900 ahli dan spesialist. Sementara itu, terdapat 6.846 think tanks dari seluruh penjuru dunia, baik yang ada di Benua Afrika, Asia, Eropa, Australia, Amerika Utara dan Latin yang dinilai oleh tim dari the Lauder Institute.

Dalam laporan yang telah dikeluarkan pada Januari 2017, Indonesia Corruption Watch (ICW) menempati posisi 20 dunia dari 63 lembaga think tanks untuk kategori Top Good Governance and Transparency Think Tanks. Sementara pada level Asia untuk kategori yang sama, ICW menduduki peringkat 2 setelah Development Alternatives dari India. Pada tahun sebelumnya (2015), ICW menduduki posisi 22 dunia, yang artinya ada kenaikan 2 peringkat pada tahun 2016 kemarin.

Untuk laporan lengkap Global Think Tanks Index 2016, dapat diunduh di website: http://repository.upenn.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1011&context=think_tanks

Berita Terkait

Foto: Tribunnews.com

Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI mengungkap kasus korupsi pengadaan 65 kapal...

Foto: Nasional Tempo.co

Agus Rahardjo said KPK investigators are working hard to resolve the corruption case of...

Foto: Nasional Tempo.co

Agus Rahardjo mengatakan penyidik KPK tengah bekerja keras untuk menyelesaikan berkas perkara...

Foto: Republika.co.id

Despite having been named as a suspect in the e-KTP mega corruption case, and detained by the KPK,...